UTS BAHASA INDONESIA KELAS 10 (SOAL dan JAWABAN)

A. Pilihlah salah satu jawaban yang anda anggap benar




1. Di bawah ini yang merupakan jenis-jenis laporan dari segi tertulis, kecuali.....
a. laporan berbentuk memorandum .
b. laporan berbentuk formulir.
c. laporan berbentuk surat.
d. laporan berbentuk ekspositif.
e. laporan berbentuk buku dan naskah.

2. Di bawah ini yang merupakan ciri laporan yang baik adalah.....

a. tidak disertai fakta.
b. laporan yang tinggal mengisi pada belangko.
c. laporan harus bersifaf kronologis.
d. ditulis dalam bahasa yang baik dan jelas, serta tidak menimbulkan salah pengertian bagi pembacanya.
e. bermacam-macam topik.

3. Sistematika penulisan laporan yang benar adalah.....

a. isi laporan, pendahuluan, penutup.
b. penutup, penutup, isi laporan.
c. jenis kegiatan, penutup, isi laporan.
d. pendahuluan, isi laporan, penutup.

e. hasil kegiatan, pendahuluan, isi laporan, penutup.

4. laporan yang mengemukakan suatu keadaan terhadap objek yang dilakukan dengan cara observasi/pengamatan atau penelitian.

pernyataan diatas merupakan pengertian dari laporan.....
a. laporan perjalanan. 
b. laporan pengamatn/observasi. 
c. laporan kegiatan laporan.
d. laporan peristiwa laporan peristiwa. 
e. laporan pratikum/laporan percobaan.




5. ciri-ciri teks laporan observasi antara lain sebagai berikut, kecuali.....

a. harus mengandung fakta.
b. bersifat objektif.
c. harus ditulis sempurna dan lengkap.
d. bersifat global dan universal.
e. tidak memasukan hal-hal yang menyimpang, mengandung prasangka atau pemihakan disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun susunan logis.

6. langkah-langkah dalam penyusunan teks laporan hasil observasi adalah sebagai berikut, kecuali.....

a. membuat judul laporan yang benar sesuai dengan pengamatan yang dilakukan.
b. menyusun kalimat pembukaan.
c. teks laporan hasil observasi berisikan tentang penjelasan umum atau klarifikasi umum.
d. menyusun isi laporan yang berisi gagasan-gagasan pokok dan saran yang disertai alasan terhadap laporan hasil pengamatan.
e. menulis kalimat penutup.

7. Hal-hal yang harus dilakukan ketika observasi adalah sebagai berikut, kecuali.....

a. mencatat data yang diperlukan dan menyusaikan dengan tujuan dan fungsinya. 
b. melalukan survey tempat dan melakukan observasi.
c. menemui narasumber untuk wawancara sebagai bukti penguat dan referensi.
d. mencatat hasil observasi.
e. menemukan teknik-teknik baru.

8. Teks hasil observasi bersifat.....

a. statistik.
b. opini.
c. faktual.   
d. naskah. 
e. buku.

9. Teks laporan observasi ini juga disebut teks klasifikasi karena.....

a. data yang dihasilkan selalu benar.
b. mencatat data yang diperlukan.
c. memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. 
d. mendeskripsikan atau menggambarkan bentuk dan ciri suatu kejadian.
e. melakukan wawancara dengan narasumber sebagai bukti penguat dan referensi.

10. Menanggapi laporan berarti.....

a. memperhatikan bahasa yang baik.
b. mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah.
c. memberikan penilaian terhadap hasil laporan dari suatu kegiatan yang telah dilakukan.
d. mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
e. menyadari kelemahan atau kekurangan dari laporan yang disampaikan.

11. Hal yang harus kita perhatikan ketika menganalisa sebuah laporan 5W+1H, dengan penjelasan sebagai berikut, kecuali.....

a. what. 
b. who.
c. when, where.
d. why, how
e. time.




12. Berikut merupakan pola urutan kegiatan dalam laporan, kecuali.....

a. menyiapkan bekal.
b. berkumpul ditempat yang ditentukan.
c. tiba dirumah/sekolah kembali.
d. menikmati perjalanan.
e. bersiap untuk pulang.

13. Laporan dapat disampaikan secara lisan dengan mengungkap hal-hal berikut, kecuali.....

a. latar belakang dan tujuan.
b. tempat dan waktu. 
c. peristiwa yang dialami.
d. hasil yang diperoleh.
e. urutan waktu.

14. Waktu berhenti atau hentian dalam ujaran disebut.....

a. irama. 
b. jeda.
c. nada. 
d. tekanan.
e. intonasi.

15. Suatu jenis unsur suprasegmental yang ditandai oleh tinggi rendahnya arus ujaran disebut.....

a. tekanan.
b. nada.
c. jeda.
d. intonasi.
e. irama.

16. Berhubungan dengan keras lembutnya ucapan, disebut.....

a. intonasi. 
b. tekanan. 
c. nada. 
d. jeda.
e. irama.

17. Berkaitan dengan panjang pendeknya pengucapan, disebut.....

a. nada.
b. jeda.
c. irama.
d. tekanan.
e. intonasi.

18. Lagu kalimat atau tinggi rendahnya nada, disebut.....

a. jeda. 
b. intonasi. 
c. nada. 
d. irama. 
e. tekanan.

19. Siapa yang akan pergi ke Jakarta?

Teks diatas merupakan intonasi dari.....
a. intonasi berita.
b. intonasi perintah atau seruan.
c. intonasi pertanyaan.
d. intonasi pengucapan.
e. intonasi percakapan.

20. Pergilah dari sini!

Teks diatas merupakan intonasi dari.....
a. intonasi pengucapan.
b. intonasi pertanyaan.
c. intonasi perintah atau seruan
d. intonasi percakapan.
e. intonasi berita.





I. B. ESSAY !

1. Apa yang dimaksud dengan laporan perjalanan?
2. Apa perbedaan antara teks laporan dan teks deskripsi.
3. Laporan dapat ditulis dalam bentuk.....
4. Jelaskan arti lambang titinada 1dan 4 dalam intonasi!
5. Sebutkan salah satu dalam menyampaikan laporan secara lisan! 

Komentar