BAHASA INDONESIA KELAS 10 - NASKAH SOAL dan KISI KISI .Excel



PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
SMK INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Mata Pelajaran : 0
Kelas : X/1
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Jumlah Soal/Waktu : 45/90 MENIT
Bentuk Soal : Pilihan Ganda dan Essay
Petunjuk Umum:

1.     Berdoa terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal.
2.     Isikan Identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B.
3.     Setiap butir soal mempunyai 5 (Lima) pilihan jawaban.
4.     Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab.
5.     Hitamkan bulatan pada satu pilihan jawaban yang paling tepat pada Lembar Jawaban.
6.     Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas
7.     Tidak diijinkan menggunakan kalkulator, HP, atau alat bantu hitung lainnya.
8.     Bila diperlukan, lembar soal dapat dicoret-coret.
9.     Tidak ada pengurangan nilai pada jawaban yang salah.
10. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.


A. PILIHAN GANDA SOAL BAHASA INDONESIA  KELAS 10
ILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG BENAR PADA HURUF A, B, C, D, ATAU E !
1. Nama lain dari tema dalam teks anekdot adalah…..
a. Pokok cerita.
b. Isi cerita. c. Tokoh cerita.
d. Ide cerita.e. Setting cerita.
2. Latar tempat pada cerita menyatakan…..
a. Keadaan.
b. Situasi.
c. Hari.
d. Waktu.
e. Lokasi.
3. Hubungan anekdot dan cerita lucu adalah…..
a. Sama-sama golongan narasi.
b. Sama-sama menggunakan keterangan waktu masa lampau.
c. Sama-sama mempunyai tujuan komunikatif.
d. Sama-sama teks karangan bebas.
e. Sama-sama memiliki struktur kalimat.
4. Tujuan penulisan teks anekdot adalah…..
a. Memberi petunjuk.
b. Memberi argumentasi.
c. Menjelaskan.
d. Menghibur.
e. Menganalisis.
5. Struktur dari teks anekdot yang benar adalah…..
a. Abstraksi-Krisis_Reaksi_Orientasi-Koda.
b. Abstraksi-Reaksi-Krisis-Orientasi-Koda.
c. Abstraksi-Orientasi-Krisis-Reaksi-Koda.
d. Abstraksi-Krisis-Orientasi-Reaksi-Koda.
e. Abstraksi-Reaksi-Orientasi-Krisis-Koda.
6. Bagian ankedot yang menunjukan kejadian cerita atau latar belakang peristiwa terjadi disebut…..
a. Abstraksi.
b. Koda.
c. Krisis.
d. Reaksi.
e. Adalah, serta, sehingga
7. Bagian teks anekdot yang berisi mengenai tanggapan tokoh terhadap konflik yang muncul adalah…..
a. Abstraksi.
b. Orientasi.
c. Krisis.
d. Reaksi.
e. Koda.
8. Struktur di bawah ini yang tidak termasuk dalam teks anekdot adalah…..
a. Abstraksi.
b. Alur.
c. Orientasi.
d. Koda.
e. Krisis.
9. Aspek yang harus ada dalam struktur teks anekdot adalah…..
a. Abstraksi- Orientasi-Krisis.
b. Abstraksi-Krisis-Koda.
c. Orientasi-Krisis-Koda.
d. Orientasi-Krisis-Reaksi.
e. Krisis-Reaksi-Koda.
10. Suatu cara pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap suatu objek dalam suatu periode tertentu dan mengadakan encatatan secara sistematis tentang hal-hal tertentu yang diamati.
a. Fungsi Observasi.
b. Hasil Observasi.
c. Observasi.
d. Ringkasan.
e. Unsur Kebahasaan.
SOAL BAHASA INDONESIA  KELAS 10
11. Bacalah teks laporan hasil observasi berikut untuk menjawab soal nomor 11-18! Fungsi ekologis Hutan
a. Pemanasan Global.
b. Pengertian Ekologi.
c. Fungsi Ekologis Hutan.
d. Biologi Lingkungan.
e. Pengetahuan Ekologi.
12. Aspek yang dilaporkan pada paragraph ketiga teks laporan tersebut adalah…..
a. Penyebab Kenaikan CO2.
b. Intensitas Efek Rumah Kaca.
c. Penyebab pemanasan global
d. Fungsi hutan secara klimatologis
e. proses terjadinya fotosintesis
13. Pada teks laporan hasil observasi tersebut terdapat kalimat deskripsi,yaitu…..
a. Hutan ekologis didominasi oleh berbagai jenis pohon dan ukuran,rindang,serta menyejukan.
b. hutan ekologis berfungsi sebagai penyangga tanah dan tata air serta aneka sumber hayati
c. Secara klimatologi hutan mempunyai fungsi yang penting, khususnya sebagai penyerap CO2.
d. Pemanasan global adalah naiknya suhu permukaan bumi karena naiknya intensitas efek rumah kaca.
e. Penyebab utama terjadinya pemanasan global adalah kurang mampunya hutan menyerap CO2.
14. Sinonim kata proteksi pada klausa proteksi pada daerah aliran sungai adalah…..
a. Penyangga.
b. Penyeimbang.
c. Pemeliharaan.
d. Perawatan.
e. Perlindungan.
15. Perubahan morfologis jenis kata sifat menjadi kata benda terdapat pada kata …..
a. Pemanasan.
b. Permukaan.
c. Kehidupan.
d. Kebakaran.
e. Penerbangan.
16. konjungsi subordinatif yang terdapat pada paragraph pertama teks laporan tersebut yang tepat adalah …..
a. Oleh, dan, adalah
b. Dengan, serta, dan
c. Serta, sebagai, oleh
d. Yang, sehingga, dengan
e. Adalah, serta, sehingga
17. Ringkasan paragraph kedua teks laporan tersebut yang tepat adalah ….
a. Potensi hutan dan keanekaragaman hayati
b. Hutan berfungsi sebagai penyangga tanah dan iklim
c. Hutan mempunyai fungsi ekologis melindungi lingkungan
d. Hutan berfungsi sebagai penyangga keseimbangan kehidupan
e. hutan berfungsi sebagai penyimpanan cadangan aneka hayati
18. Dalam struktur teks laporan hasil observasi, pernyataan umum ditulis pada paragraph ….
a. Akhir
b. Tengah
c. Awal
d. Kedua
e. Awal dan aklhir
19. Tujuan penulisan teks laporan hasil observasi adalah …..
a. Sebagai sumber informasi
b. Sebagai media hiburan
c. Sebagai media profokasi
d. Membuat bingung
e. Menimbulkan pertanyaan
20. Bacalah kutipan teks laporan observasi berikiut ! Dalam kemangi terdapat vitamin A, B, dan C serta kandungan bahan antiseftik yang enyembuhkan jerawat dengan cepat. Antiseptik di dalamnya akan membunuh bakteri serta memperlancar
a. Berupa deskripsi tentang kandungan bahan antiseptik
b. Berupa deskripsi tentang penggunaan kemangi
c. Beerupa deskripsi tentang vitamin dan kandungan kemangi
d. Berupa deskripsi tentang vitamin A dan B
e. Berupa deskripsi tentang menyembuhkan bakteri
21. Cermatilah teks laporan hasil observasi berikut! Kebersihan kelas banyak sekali manfaatnya,baik bagi guru maupun bagi siswa yang engikuti pembelajarandi kelas tersebut. Dengan kelas yang bersih tampak guru dan siswa merasa betah
a. Klasifikasi tentang akibat kelas yang bersih
b. Meyakinkan pembaca agar hidup bersih dibudayakan
c. Memberi argumentasi tentang pentingnya hidup bersih
d. Menjelaskan beberapa manfaat kebersihan kelas
e. Melukiskan betapa indahnya kelas yang bersih
22. Bacalah teks berikut! Sekitar ratusan pelajar SMK berkumpul didepan GOR Ken Arok Malang, Minggu (29/9).Setelah melakukan beberapa persiapan,kelompok pelajar ini melakukan jalan sehat melewati Kedung
a. Banyak menyajikan fakta
b. Mengemukakan opini beserta argumentasi
c. Bertujuan membujuk orang lain
d. Adanya fakta dan pendapat
e. Merupakan cerita rekaan
23. Dalam teks laporan hasil observasi minimal harus terdiri dari tiga bagian yaitu…..
a. Observasi, analisis, tesis
b. Koda, abstrasi, krisis
c. Tesis, koda, orientasi
d. Pernyataan umum, deskripsi bagian, dan penjelasan
e. Deskripsi, opini, fakta
24. Deskripsi bagian berisi…..
a. Fungsi ringkasan
b. Hal atau objek yang dilaporkan
c. Berisi bagian-bagian dari objek yang dilaporkan
d. Hal-hal yang tak sepadan
e. Hasil pengamatan yang beruntun
25. Guna membenahi atau merevisi sebuah teks langkah pertama tentunya adalah…..
a. Menyajikan
b. Menulis
c. Melaporkan
d. Membaca teks tersebut secara keseluruhan
e. Memanipulasikan
SOAL BAHASA INDONESIA  KELAS 10
26. terdapat tiga bagian penting yang harus ada pada teks eksposisi,yaitu…..
a. Argumen, narasi, eksposisi
b. Tesis, argumen, koda
c. Tesis, argumen, rekomendasi
d. Rekomendasi, tesis, ringkasan
e. Ringkasan, koda, tesis
27. Struktur teks eksposisi adalah…..
a. Peernyataan pendapat dan tesis
b. Argumen dan penegasan ulang dan klasifikasi
c. Tesis
d. Penegasan ulang pendapat
e. Pernyataan pendapat, argumentasi, penegasan ulang pendpat
28. Argumentasi adalah…..
a. Tahap yang berisi pernyataan penulis teks yang berisi alasan
b. Tahapan teks yang menguatkan penjelasan
c. Tahapan yang menjelaskan permasalahan
d. Tahapan yang bukan berisi pernyataan penulis teks yang berisi alasan
e. Tahap yang tidak membutuhkan fakta
29. Dibawah ini yang bukan merupakan kaidah kebahasaan dalam teks eksposisi yaitu…..
a. Daftar istilah
b. Kata sifat
c. Afiksasi
d. Kalimat verbal
e. Kata depan
30. Dibawah ini yang merupakan cara menentukan gagasan pokok dalam teks ekposisi adalah…..
a. Menarik kesimpulan mengenai gagasan utama dan gagasan penjelas yang telah anda sususn
b. Mendata argumen yang mendukung gagasan utama sebagai gagasan pendukung
c. Menentukan gagasan yang berkaitan dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari
d. Urutan kronologis dan pembuatan teks eksposisi
e. Dipahami isi bacaannya dengan cara dibaca berulang-ulang
31. Bacalah penggalan hikayat” Indera Bangsawan” berikut! Jikalau baginda pun mencari muslihat, ia menceritakan kepada kedua anaknya bahwa a bermimpi bertemu dengan seorang pemuda dan berkata kepadanya: barang siapa yang dapat mencari buluh
a. Moral.
b. Agama.
c. Budaya.
d. Pendidikan.
e. Sosial.
32. Bacalah penggalan hikayat” Bunga Kemuning ” berikut! Istri sang raja sudah meninggal ketika melahirkan anaknya yang bungsu, sehingga nak ang raja diasuh oleh inang pengasuh. Putri-putri Raja menjadi manja dan nakal. Mereka hanya suka bermain di
a. Moral.
b. Agama.
c. Budaya.
d. Pendidikan.
e. Sosial.
33. Bacalah dengan cermat! soal nomor 33-34. Sebermula ada sebulan selangnya, maka pada suatu hari raja semayam di balairung diadap oleh egala menteri hulubalang dan rakyat sekalian. Maka barang siapa bercakap mengobati raja itu.
a. Istana sentris dan kesaktian.
b. Istana sentris dan struktur kalimat.
c. Struktur kalimat rancu dan kemustahilan.
d. Kemustahilan, tokohnya binatang.
e. Tokohnya binatang, kesaktian seseorang.
34. Isi cerita yang diungkapkan dalam kutipan tersebut adalah…..
a. Di balairung raja berjanji akan mengambil menantu bagi yang dapat menyembuhkan penyakitnya.
b. Siapa pun yang mengobati raja di balairung akan diambil menantu dihadapan menteri dan hulubalang.
c. Raja yang bersemayam karena sakit, membuat janji kepada menantunya.
d. Para menteri dan hulubalang menghadap raja di balairung sambil mengobati raja.
e. Rasa sakit raja ketika bersemayam di balairung terobati karena raja akan mengambil menantu.
35. Bacalah kutipan hikayat berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 35-37! Seketika datanglah sekawanan burung tekukur, adalah dalam sekawanan tekukur itu seorang rajanya. Sekalian tekukur itu singgahlah memakan umpan itu. Sekaliannya itu pun terkenalah jarring
a. Sekawanan burung tekukur menerbangkan jaring yang berisi teman-temannya yang terjerat.
b. Sekawanan burung tekukur memakan umpan yang ditebarkan pemburu di sekeliling jaring.
c. Dalam sekawan burung tekukur terdapat seekor burung sebagai rajanya.
d. Raja tekukur ikut terbang bersama rakyatnya dan terjerat jaring pemburu.
e. Seorang mempunyai pikiran yang cerdik untuk melepaskan rakyatnya dari kebinasaan.
36. Nilai moral yang tampak pada kutipan tersebut adalah…..
a. Memberi makan burng-burung bebas.
b. Raja ikut sengsara bersama rakyatnya.
c. Menolong sesama dari kesulitan atau bahaya.
d. Bersuka cita melihat jerat mengena sasaran.
e. Merentangkan jaring untuk menangkap burung.
37. Nilai sosial yang terdapat pada kutipan tersebut adalah…..
a. Memberi makan burung-burung bebas.
b. Raja ikut sengsara bersama rakyatnya.
c. Menolong sesama dari kesulitan atau bahaya.
d. Bersuka cita melihat jerat mengena sasaran.
e. Mengoceh musuh dengan tipuan.
SOAL BAHASA INDONESIA  KELAS 10
38. Perhatikan cuplikan cerpen berikut! Ia sudah mendengar kabar, orang kampong sedang mendirikan surau baru. Banyak orang telah menyediakan ahan. Telah terkumpul kayu, genting, kapur. Anak-anak madrasah mencari batu dan
a. Jangan suka bermalasan.
b. Berbaktilah kamu di jalan tuhan dengan harta dan jiwamu.
c. Janganlah gelisah.
d. Giatlah bekerja jangan bermalas-malasan.
e. Jika akan melakukan sesuatu jangan lupa berdoa.
39. Bacalah sepenggal hikayat berikut ini untuk menjawab soal nomor 39 dan 40! Alkisah, ini hikayat orang dahulu kala. Diceritakan orang ang empunya cerita ini kisah pelanduk jenaka pria bijaksana pandai ia bebrbuat dusta segala binatang di dalam hutan rimba belantara.
a. Hikayat pelanduk jenaka.
b. Hikayat gunung indrakila.
c. Hikayat si pendusta.
d. Hikaat orang dahulu kala.
e. Hikayat seekor binatang.
40. latar tempat dari penggalan hikayat tersebut adalah…..
a. Gunung indrakila.
b. Padang rumput.
c. Marga satwa.
d. Hutan rimba.
e. Kebun binatang.

SOAL BAHASA INDONESIA  KELAS 10
B. SOAL ESSAY UAS BAHASA INDONESIA KELAS 10
JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT DENGAN BENAR!

41 Apakah yang disebut teks anekdot?
42 Apakah tujuan teks anekdot?
43 Apakah penyebab kelucuan dalam teks anekdot?
44 Bagaimanakah cara mengidentifikasi isi pokok cerita hikayat?
45 Tuliskan karakteristik unik dari hikayat!

untuk mendownload naskah dan kisi kisi BAHASA INDONESIA KELAS 10 silhkan subscribe terlebih dahulu channel youtube JOHAN JAKARIA

setelah subscribe anda bisa mendownload file NASKAH BAHASA INDONESIA KELAS 10
DISINI

Komentar