RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMA 4 : BERBAGAI MACAM PEKERJAAN
SUB TEMA 1 : JENIS - JENIS PEKERJAAN
PEMBELAJARAN 1
NAMA SEKOLAH : SDN
KELAS / SEMESTER : IV / 1
NAMA GURU :
NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : Berbagai Pekerjaan (Tema 4)
Sub Tema : Jenis-Jenis Pekerjaan (Subtema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : (5x35 menit)/ 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: IPA
Kompetensi Indikator
3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
3.8.1 Mengidentifikasi pentingnya keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam.
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya. 4.8.1 Memberikan contoh kegiatan menjaga kelestarian sumber daya alam.
Muatan: IPS
Kompetensi Indikator
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat dibidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
3.3.1 Membandingkan jenis pekerjaan sesuai tempat hidup penduduk.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat dibidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3.1 Melaporkan jenis pekerjaan berdasarkan tempat tinggal penduduk dalam bentuk tulisan.
Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi Indikator
3.5 Membangun pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
3.5.1 Menilai tokoh yang terdapat didalam cerita.
4.5 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan.
4.5.1 Mendeskripsikan tokoh melalui gambar dan teks tulisan.
C. TUJUAN
- Setelah membaca cerita tentang pelestarian alam, siswa mampu menilai tokoh yang ada didalam cerita dengan detail.
- Setelah membaca cerita tentang pelestarian alam, siswa mampu mendeskripsikan tokoh melalui gambar dan tulisan dengan detail.
- Setelah membaca teks dan mengamati gambar tentang pekerjaan di pegunungan, siswa mampu membandingkan jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar mereka dalam bentuk diagram venn.
- Menggunakan diagram venn, siswa mampu mengembangkan laporan tentang jenis pekerjaan dalam bentuk tulisan dengan lengkap.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu menginformasikan pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam dalam bentuk peta pikiran.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh kegiatan yang dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam dengan lengkap.
D. MATERI
- Membaca cerita tentang “Pelestarian Alam”.
- Mendeskripsikan tokoh melalui gambar dan tulisan.
- Jenis-jenis pekerjaan di daerah pegunungan.
- Membandingkan jenis-jenis pekerjaan dalam bentuk diagram venn.
- Cara menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam.
- Contoh kegiatan menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber :
• Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
2. Media :
• Kondisi lingkungan dan jenis profesi masyarakat.
• Teh
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
"Download File Word"
H. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Diskusi
Saat siswa melakukan diskusi tentang peta pikiran mengapa penting menjaga kelestarian dan sumber daya alam.
2. IPS
Diagram venn tentang perbedaan jenis pekerjaan dinilai dengan rubrik.
3. Bahasa Indonesia
Komentar siswa tentang tokoh dinilai dengan menggunakan rubrik.
4. IPA
Tugas peta pikiran dinilai dengan centang (√ )
5. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (Percaya diri)
Catatan:
• Guru dapat menggunakan kata-kata untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.
Belum terlihat
Mulai terlihat
Mulai berkembang
Sudah terlihat/membudaya
• Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas.
Contoh alternatif penilaian sikap
Nama : ……………………….
Kelas/Semester .....................................
Pelaksanaan Pengamatan : .....................................
Sebelum Download File Word RPP harap support channel youtube penulis di channel
untuk Mendownload file RPP kelas IV tema 4 silahkan klik DISINI
Komentar
Posting Komentar
silahkan berkomentar dengan baik