SILABUS
SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
(SD/MI)
KURIKULUM 2013
REVISI 2017
TEMATIK TERPADU
KELAS 1
SEMESETR 2
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SILABUS TEMATIK KELAS I
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 1 : Pengalaman Masa Kecil
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Mapel Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1 Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
2.1 Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila. 1.1.1 Menerima gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala benteng, dan padi sebagai lambang negara “ Garuda Pancasila” .
1.1.2 Meyakini gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala benteng, dan padi sebagai lambang negara “ Garuda Pancasila”.
2.1.1 Menjelaskan sikap yang sesuai dengan sila- sila pancasila.
2.1.2 Mempraktikkan sikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.1 Menjelaskan simbol yang terdapat pada lambang negara “ Garuda Pancasila”.
3.1.2 Mengidentifikasi sila-sila Pancasila dengan benar.
3.1.3 Mengetahui rumusan yang terdapat pada sila pancasila
4.1.1 Menyebutkan simbol- simbol sila pancasila.
4.1.2 Mempresentasikan dan menjelaskan simbol- simbol sila pancasila. • Simbol sila sila Pancasila
• Menyebutkan bunyi sila ke-2
• Mengenal lambang sila kedua dengan membuat rantai kertas Sikap
• Jujur, Disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, kerja sama
Pengetahuan
Tertulis
• Mengidentifikasi Pancasila sila ke-2
• Tes tulis menjelaskan Lambang sila kedua
• Memahami Ungkapan pujian
• Menghitung benda sebanyak 21–40.
• Memahami Lambang bilangan dari kumpulan benda.
• Memahami Lambang bilangan 21–40.
• Memahami Tempo sebuah lagu
• Memahami Gerak saling mendorong dengan bertumpu pada tangan.
Keterampilan
Praktik/Kinerja
• Membuat ungkapan pujian.
• Mengungkapkan pujian.
• Mengungkapkan pujian secara lisan.
• Menanggapi ungkapan pujian.
• Membedakan ketukan lambat dan cepat sebuah lagu melalui gerak tubuh.
• Membedakan cepat atau lambat tempo sebuah lagu.
• Mempraktikan Senam dasar gerakan bertumpu pada tangan.
Portofolio
• Menilai hasil belajar peserta didik pada aspek tertentu dari tahap awal sampai tahap akhir dalam memahami materi atau praktik yang terkait sub tema
28 JP
• Buku siswa
• Buku guru
• Aplikasi SCI Media
Bahasa Indonesia
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan,pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.
4.8 Mempraktikkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis. 3.8.1 Memahami dan Menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
3.8.2 Mengidentifikasi dan Menunjukan kalimat pemberian pujian yang terdapat pada sebuah teks.
3.8.3 Mengetahui, Mengidentifikasi dan menyalin ungkapan pujian yang terdapat pada sebuah teks.
4.8.1 Mengemukakan contoh ungkapan pujian secara lisan dengan tepat.
4.8.2 Menggunakan, menuliskan dan Bahasa lisan yang tepat dalam Mempraktikkan peran dengan unkapan pujian terhadap karya orang lain.
4.8.3 Mampu menanggapi ungkapan pujian secara tepat • Ungkapan Pujian • Menyalin kalimat pujian
• Membuat kalimat pujian berdasarkan pengalaman
• Mempraktikkan
ungkapan pujian secara lisan dan tertulis
• Mengungkapkan
pujian secara lisan
• Menanggapi pemberian ungkapan pujian
• Menanggapi ungkapan pujian
• Bermain Peran tentang ungkapan pujian
Matematika 3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek.
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan. 3.1.1 Memahami makna bilangan cacah dengan benar.
3.1.2 Menunjukkan bilangan cacah yang terdapat dalam kumpulan objek.
3.1.3 Mengidentifikasi bilangan cacah sampai dengan 99.
4.1.1 Mengelompokkan bilangan cacah berdasarkan kumpulan objek yang di sajikan.
4.1.2 Mengidentifikasi dan Menyebutkan bilangan cacah dari 21 sampai 40. • Bilangan Cacah • Menghitung benda benda yang berada di sekitar sekolah
• Memasangkan kartu benda dengan kartu bilangan
• Bermain kartu memasangkan bilangan
Seni Budaya dan Prakarya 3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu.
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu. 3.2.1 Mengetahui elemen musik yang terdapat pada sebuah lagu
3.2.2 Mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu sesuai dengan ketukannya.
3.2.3 Membedakan ketukan lambat dan ketukan cepat pada sebuah lagu.
4.2.1 Mempraktikkan gerakan yang sesuai dengan elemen lagu.
4.2.2 Menyanyikan lagu sesuai tempo dengan tepat. • Elemen musik melalui lagu
• Membedakan ketukan cepat dan lambat sebuah lagu melalui gerak tubuh
• Membedakan cepat atau lambat tempo lagu ”Kepala pundak lutut kaki”
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3.5 Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan (bergantung, bertumpu, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai. 3.5.1 Menjelaskan berbagai gerakan dominan yang terdapat pada senam lantai.
3.5.2 Mengetahui gerakan dominan dalam aktivitas senam lantai.
3.5.3 Mengidentifikasi gerakan dominan dalam aktivitas senam lantai
4.5.1 Mengidentifikasikan dan menjelaskan prosedur gerak dominan dalam aktivitas senam lantai.
4.5.2 Menunjukkan berbagai gerak dominan dalam aktivitas senam lantai.
4.5.3 Mempraktikkan gerak dominan dalam aktivitas senam lantai. • Gerak bertumpu dengan tangan • Mempraktikkan gerak saling mendorong dengan bertumpu pada tangan
• Mempraktikkan gerak bergantung dalam senam lantai
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 2 : Pengalaman Bersama Teman
KOMPETENSI INTI
5. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
6. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
7. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
8. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Mapel Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. 1.1.1 Mengikuti keberagaman yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
1.1.2 Mempercayai keberagaman karakteristik sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.2.1 Mengikuti kebersamaan dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2.2 Menganut kebersamaan dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2.3 Meminati kebersamaan dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
2.2.1 Menyebutkan dan menerapkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2.2 Mejelaskan dan mempertahankan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
2.2.3 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
2.3.1 Menjelaskan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
2.3.2 Mengidentifikasi perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
3.2.1 Menjelaskan dan menyebutkan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.2 Menjelaskan aturan dan mengidentifikasi kegiatan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari.
3.2.3 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
4.2.1 Menjelaskan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.2 Mendiskusikan kegiatan yang berlaku dalam kehidupam sehari-hari. • Aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
• Pengalaman mengenal aturan bermain bersama teman
• Pengalaman mendata aturan bermain bersama teman di rumah
• Pengalaman memeragakan kegiatan yang berhubungan dengan aturan bermain bersama teman. Sikap
• Jujur, Disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, kerja sama
Pengetahuan
Tertulis
• Memahami Aturan bermain bersama teman di rumah.
• Mendata aturan bermain bersama teman di rumah.
• Menjelaskan aturan bermain bersama teman.
• Menjelaskan ungkapan permintaan maaf.
• Mengidentifikasi ungkapan permintaan maaf.
• Menunjukkan ungkapan permintaan maaf.
• Menemukan ungkapan permintaan maaf.
• Memahami Ungkapan sayang dalam syair lagu anak.
• Memahami Ungkapan kebahagiaan dalam persahabatan pada lagu anak.
• Mengenal lambang bilangan 20 sampai dengan 41.
• Menyebutkan Nama bilangan 20 sampai dengan 41.
• Memahami Nilai tempat bilangan (satuan dan puluhan).
• Meneliti Gerak tumbuhan
• Memahami Gerakan-gerakan tumbuhan
• Memahami Gerakan bertumpu.
• Memahami Gerak bergantung.
Keterampilan
Praktik/Kinerja
• Bercerita tentang aturan bermain bersama teman.
• Mempresentasikan kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan bermain bersama teman.
• Memeragakan kegiatan yang berkaitan dengan aturan bermain bersama teman.
• Menulis ungkapan permintaan maaf.
• Menggunakan ungkapan permintaan maaf
• Menanggapi ungkapan permintaan maaf.
• Memerankan ungkapan permintaan maaf.
• Membaca puisi anak
• Menceritakan lagu Disini Senang.
• Menuliskan nama bilangan 20 sampai dengan 41.
• Membaca dan menulis nama bilangan 20 sampai dengan 41.
• Menuliskan bilangan terdiri atas dua angka sesuai nilai tempat.
• Memeragakan gerak tumbuhan.
• Menirukan gerakan tanaman
• Mempraktikkan gerakan bertumpu dalam senam lantai.
• Mempraktikkan gerak bertumpu dan bergantung
Portofolio
• Menilai hasil belajar peserta didik pada aspek tertentu dari tahap awal sampai tahap akhir dalam memahami materi atau praktik yang terkait sub tema
28 JP
• Buku siswa
• Buku guru
• Aplikasi SCI Media
Bahasa Indonesia
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan,pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.
4.8 Mempraktikkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis. 3.8.1 Menjelaskan ungkapan permintaan maaf secara lisan dengan tepat.
3.8.2 Menunjukan kalimat permintaan maaf yang terdapat pada sebuah teks.
3.8.3 Mengidentifikasi ungkapan permintaan yang terdapat pada sebuah teks.
4.8.1 Mengemukakan contoh ungkapan permintaan maaf secara lisan dengan tepat.
4.8.2 Menggunakan Bahasa lisan yang tepat dalam ungkapan permintaan maaf.
3.11.1 Menjelaskan ciri-ciri puisi anak/ syair lagu.
3.11.2 Menganalisis puisi anak/syair lagu yang berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan.
3.11.3 Mengidentifikasi puisi anak/syair lagu yang berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan.
4.11.1 Mendemonstrasikan puisi anak atau syair lagu dengan percaya diri.
4.11.2 Mempraktikkan puisi anak atau syair lagu. • Ungkapan Permintaan maaf • Pengalaman mengungkapkan permintaan maaf
• Pengalaman menuliskan surat permintaan maaf
• Pengalaman menunjukkan ungkapan permintaan maaf
• Pengalaman menemukan ungkapan permintaan maaf
• Pengalaman mengidentifikasi ungkapan sayang dalam syair lagu.
• Pengalaman mengidentifikasi persahabatan ungkapan syair dari lagu anak.
Matematika 3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat. 3.2.1 Mengidentifikasi bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
3.2.2 Menunjukkan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
4.2.1 Menjelaskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.
4.2.2 Menyebutkan dan Menghafal lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempa • Bilangan 2 angka • Pengalaman mengenal lambang bilangan 20 sampai dengan 41
• Pengalaman membaca dan menulis nama bilangan 21 sampai dengan 40.
• Pengalaman menuliskan bilangan sesuai dengan nilai tempat puluhan dan satuan.
Seni Budaya dan Prakarya 3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari.
4.3 Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari. 3.3.1 Menjelaskan gerak anggota tubuh melalui tari.
3.3.2 Mengidentifikasi gerak anggota tubuh melalui tari.
4.3.1 Mempraktekkan gerak anggota tubuh melalui tari.
4.3.2 Menirukan gerak tubuh dalam suatu tarian. • Gerak anggota tubuh melalui tari • Pengalaman menirukan gerakan tumbuhan
• Pengalaman menirukan gerakan tumbuhan tersiram air hujan
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3.5 Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan (bergantung, bertumpu, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai. 3.5.1 Menjelaskan berbagai gerakan dominan yang terdapat pada senam lantai.
3.5.2 Mengetahui gerakan dominan dalam aktivitas senam lantai.
3.5.3 Mengidentifikasi gerakan dominan dalam aktivitas senam lantai
4.5.1 Menjelaskan prosedur gerak dominan dalam aktivitas senam lantai.
4.5.2 Menunjukkan berbagai gerak dominan dalam aktivitas senam lantai.
4.5.3 Mempraktikkan gerak dominan dalam aktivitas senam lantai. • Gerak bertumpu
• Gerak bergantung • Pengalaman melakukan gerakan bertumpu
• Pengalaman melakukan gerakan menggantung
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 3 : Pengalaman Disekolah
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Mapel Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.3 Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah.
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan individu di rumah. 1.3.1 Mengikuti kebergamam karakteristik sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.3.2 Mempercayai kebergaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.3.1 Menunjukkan kebersamaam dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.
2.3.2 Menerapkan kebersamaam dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.
3.3.1 Memahami keberagaman karakteristik individu di rumah.
3.3.2 Menjelaskan keberagaman karateristik individu di rumah.
4.3.1 Mendemonstrasikan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan individu di rumah.
4.3.2 Mendiskusikan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan individu yang ada di lingkungan sehari-hari. • Keberagaman karakteristik budaya
• Menceritakan ciri-ciri fisik anggota keluarga pada teman di sekolah
• Mencatat ragam kegemaran anggota keluarga pada teman sekelas
• Mencatat ragam makanan yang disukai anggota keluarga Sikap
• Jujur, Disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, kerja sama
Pengetahuan
Tertulis
• Memahami Kata ajakan.
• Menyebutkan Macam-macam kata ajakan.
• Membandingkan dan mengurutkan kumpulan benda 21 sampai 40.
• Membandingkan dan mengurutkan bilangan 21 sampai 40.
• Membandingkan dan mengurutkan Lambang bilangan 31–40.
• Menyebutkan Bahan untuk membuat lempung terigu.
• Meyebutkan Bahan dan alat membuat bubur kertas.
Keterampilan
Praktik/ Kinerja
• Mengungkapkan kata ajakan dengan tepat.
• Menanggapi kalimat ajakan.
• Melakukan Bermain Peran.
• Membuat lempung terigu.
• Membuat bentuk dari bubur kertas.
• Berjalan di papan titian.
• Melakukan gerak sikap kapal terbang.
Portofolio
• Menilai hasil belajar peserta didik pada aspek tertentu dari tahap awal sampai tahap akhir dalam memahami materi atau praktik yang terkait sub tema 28 JP
• Buku siswa
• Buku guru
• Aplikasi SCI Media
Bahasa Indonesia
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan,pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.
4.8 Mempraktikkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
3.8.1 Menjelaskan kkalimat ajakan secara lisan dengan tepat.
3.8.2 Menunjukan kalimat ajakan yang terdapat pada sebuah teks.
3.8.3 Mengidentifikasi kalimat ajakan yang terdapat pada sebuah teks.
4.8.1 Mengemukakan contoh kalimat ajakan secara lisan dengan tepat.
4.8.2 Menggunakan Bahasa lisan yang tepat dalam menggunakan kalimat ajakan. • Kata ajakan • Mengenal kata ajakan
• Mengungkapkan kalimat ajakan secara lisan
• Memasangkan gambar dengan kata ajakan yang sesuai
• Menunjukkan kata ajakan pada suatu cerita sederhana
• Menanggapi
ungkapan kata ajakan yang tepat
• Bermain peran
Denga menggunakan kata ajakan
Matematika 3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda benda konkret.
4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret. 3.3.1 Menjelaskan dan memahami dua bilangan dengan menggunakan benda-benda konkret.
3.3.2 Mengurutkan dan Mengidentifikasi benda benda yang bernilai dua bilangan dari bilangan yang terkecil ke bilangan yang terbesar.
4.3.1 Menjelaskan urutan bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar ata sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret.
4.3.2 Menunjukkan dan menyebutkan kumpulan benda dari bilangna terkecil ke bilangan terbesar atau sebliknya. • Bilangan 2 angka • Membandingkan dan mengurutkan benda 21–40 dengan benda konkret
• Membandingkan dan mengurutkan bilangan 21–30
• Membandingkan dan mengurutkan bilangan 31–40
Seni Budaya dan Prakarya 3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi. 3.1.1 Menjelaskan ciri-ciri karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
3.1.2 Menujukkan karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
4.1.1 Menyebutkan alat dan bahan pembuatan karya dua dan tiga dimensi.
4.1.2. Mempraktikkan pembuatan karya dua dan tiga dimensi dari bahan tertentu.
4.1.3 Membuat karya dua dan tiga dimensi sederhana. • Ekspresi dua dan tiga dimensi
• Membuat lempung terigu
• Membuat bubur kertas
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3.5 Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan (bergantung, bertumpu, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai. 3.5.1 Menjelaskan berbagai gerakan dominan yang terdapat pada senam lantai.
3.5.2 Mengetahui gerakan dominan dalam aktivitas senam lantai.
3.5.3 Mengidentifikasi gerakan dominan dalam aktivitas senam lantai
4.5.1 Menjelaskan prosedur gerak dominan dalam aktivitas senam lantai.
4.5.2 Menampilkan dan menunjukan berbagai gerak dominan dalam aktivitas senam lantai.
4.5.3 Mempraktikkan gerak dominan dalam aktivitas senam lantai. • Gerak Keseimbangan
• Melakukan gerak keseimbangan berjalan di papan titian
• Melakukan gerak keseimbangan sikap kapal terbang
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 4 : Pengalaman yang berkesan
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Mapel Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.4 Menerima keberagaman di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di Rumah
2.4 Menampilkan sikap kerja sama dalam keberagaman di rumah
3.4 Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di rumah.
4.4 Menceritakan pengalaman kerja sama dalam keberagaman di rumah. 1.4.1 Meyakini keberagaman di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.4.2 Mengikuti keberagaman di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.4.1 Menunjukkan sikap kerja sama dalam keberagaman di rumah.
2.4.2 Melaporkan sikap kerja sama dalam keberagaman di rumah
3.4.1 Memahami bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah.
3.4.2 Menjelaskan bentu kerjasama dalam keberagaman di rumah.
4.4.1 Mendiskusikan pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah.
4.4.2 Menyebutkan bentuk-bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah. • Bentuk kerja sama
• Pengalaman mengenal kegiatan kerja sama di rumah
• Pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit.
• Pengalaman
berbelanja bersama keluarga
Sikap
• Jujur, Disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, kerja sama
Pengetahuan
Tertulis
• Menggali informasi tentang kegiatan kerja sama di rumah.
• Mengidentifikasi kegiatan kerja sama dari teks.
• Menuliskan kegiatan kerja sama dalam keluarga.
• Memahami Ungkapan kasih sayang terhadap ibu
• Mengenal ungkapan persahabatan dalam puisi.
• Menulis ungkapan kekaguman dalam lagu ‘Hujan Rintik Rintik’.
• Menuliskan ungkapan kasih sayang terhadap ibu.
• Menemukan kembali kata-kata dalam syair lagu ‘Bintang Kecil’
• Menulis ungkapan kasih sayang dalam puisi tentang adik
• Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan.
• Menjumlahkan 2 bilangan cacah dengan hasil maksimal 40.
• Mengenal limbah kulit telur untuk dibuat hiasan.
• Mengenal pemanfaatan kulit telur untuk menghias pigura dari kardus.
• Mengenal cara melakukan gerakan keseimbangan.
• Prosedur gerakan keseimbangan.
Keterampilan
Praktik/Kinerja
• Menceritakan pengalaman kerja sama membersihkan rumah bersama keluarga.
• Menceritakan pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit.
• Menceritakan pengalaman kerja sama saat berbelanja bersama keluarga.
• Menyanyikan lagu Kasih Ibu dengan ekspresi yang tepat
• Menulis puisi sederhana untuk sahabat.
• Menggambarkan situasi di dalam lagu ‘Hujan Rintik Rintik’.
• Membaca puisi tentang ibu dengan ekspresi yang tepat.
• Menggunakan kata-kata dalam syair lagu ‘Bintang Kecil’ ke dalam kalimat baru.
• Menuliskan puisi sederhana tentang adik.
• Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan.
• Menentukan hasil penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40.
• Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan.
• Membuat hiasan dari kulit telur.
• Membuat pigura dengan hiasan kulit telur.
• Mempraktikkan gerakan keseimbangan.
Portofolio
• Menilai hasil belajar peserta didik pada aspek tertentu dari tahap awal sampai tahap akhir dalam memahami materi atau praktik yang terkait sub tema
28 JP
• Buku siswa
• Buku guru
• Aplikasi SCI Media
Bahasa Indonesia
3.11 Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri. 3.11.1 Menjelaskan ciri-ciri puisi anak/ syair lagu.
3.11.2 Menganalisis puisi anak/syair lagu yang berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan.
3.11.3 Mengidentifikasi puisi anak/syair lagu yang berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan.
4.11.1 Mendemonstrasikan puisi anak atau syair lagu dengan percaya diri.
4.11.2 Mempraktikkan puisi anak atau syair lagu. • Ungkapan kasih sayang dan kekaguman • Pengalaman
mengenal ungkapan kasih sayang dalam lagu Kasih Ibu
• Pengalaman membaca dan membuat puisi untuk sahabat
• Pengalaman
mengenal ungkapan kekaguman dalam lagu Hujan Rintik Rintik.
• Pengalaman membaca
puisi tentang ibu.
• Pengalaman
menyanyikan
lagu Bintang Kecil bersama-sama
• Pengalaman memiliki adik
Matematika 3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99. 3.4.1 Mengidentifikasi masalah- masalah dalam kehidupan sehari- hari yang melibtkan bilangan cacah.
3.4.2 Menjelaskan dan memahami masalah- masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan bilangan cacah smapai dengan 40 dengan tepat.
4.4.1 Mendiskusikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan bilangan cacah.
4.4.2 Mempraktikkan penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari. • Penjumlahan dan Pengurangan • Pengalaman mengenal masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40.
• Pengalaman menjumlah dua bilangan cacah sampai dengan 40
• Pengalaman menjumlah dengan kegiatan menggunting dan menempel
Seni Budaya dan Prakarya 3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya.
4.4 Membuat karya dari bahan alam. 3.4.1 Menjelaskan bahan-bahan alam dalam berkarya.
3.4.2 Menyebutkan baha-bahan yang di butuhkan dalam berkarya.
3.4.3 Mengidentifikasi bahan alam yang di gunakan dalam berkarya.
4.4.1 Menyebutkan dan mengidentifikasi bahan-bahan yang ada dalam sebuah karya.
4.4.2 Menciptakan dan menunjukan salah satu karya yang terbuat dari bahan alam. • Karya seni bahan alam
• Pengalaman mengenal pemanfaatan kulit telur untuk dibuat hiasan
• Pengalaman membuat pigura dengan hiasan kulit telur.
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3.5 Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan (bergantung, bertumpu, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai. 3.5.1 Menjelaskan berbagai gerakan dominan yang terdapat pada senam lantai.
3.5.2 Mengetahui gerakan dominan dalam aktivitas senam lantai.
3.5.3 Mengidentifikasi gerakan dominan dalam aktivitas senam lantai
4.5.1 Menjelaskan prosedur gerak dominan dalam aktivitas senam lantai.
4.5.2 Menyebutkan dan menunjukkan berbagai gerak dominan dalam aktivitas senam lantai.
4.5.3 Mempraktikkan gerak dominan dalam aktivitas senam lantai. • gerakan keseimbangan • Pengalaman pertama kali melakukan gerakan keseimbangan
• Pengalaman melakukan gerakan keseimbangan.
Mengetahui,
Kepala SD/MI ................
................
NIP. ...............................
........, ...............
Guru Kelas
.........................................
NIP. ...............................
Komentar
Posting Komentar
silahkan berkomentar dengan baik